Selasa, 02 Januari 2018

TEGNOLOGI DIGITAL

Teknologi Digital dan Pentingnya Teknologi Digital Untuk Bidang IT




Teknologi digital merupakan teknologi berdasarkan sinyal yang berupa bilangan binner. Bilangan binner itu diubah menjadi kode dengan suatu maksud tertentu. Teknologi digital terdiri dari angka 0 dan 1. Teknologi analog adalah teknologi yang menggunakan gelombang radio.
Teknologi digital terdiri dari angka 0 dan 1.
Tapi jika dilihat dari pengoperasinya teknologi digital dapat diartikan sebagai teknologi yang pengoperasianya sangat sedikit dilakukan oleh manusia. Pengoperasian teknologi digital lebih banyak dilakukan secara otomatis atau dengan komputer.  Sistem digital dilambangkan dengan digit. Contoh yang kita temui dalam kehidupan sehari-hari adalah jam digital. Satuan dari sistem digital adalah bit dan bite. Pasti kita udah tidak asing lagi dong dengan bit dan byte.
Peubahan dari analog menjadi teknologi digital dimulai pada tahun 1980-an. Perubahan itu dinamakan teknologi digital. Perubahan ini ditandai dengan penemuan personal computer. Dengan adanya personal computer semua pekerjaan orang orang menjadi lebih cepat dan mudah.

Kelebihan yang sangat mencolok antara teknologi digital dengan analog adalah dalam hal visual. Dengan teknologi digital mampu dihasilkan fgrafis visual yang lebih akurat dan memiliki resolusi yang lebih tinggi. Teknologi digital juga tidak dipengaruhi oleh ruang dan waktu. Itulah yang menyebabkan teknologi digital lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan teknologi analog.



Sangat banyak implementasi teknologi digital pada era ini. Tidak hanya berupa internet saja. Beberapa implementasi dari teknologi digital adalah:
  1. Intranet
  2. Mobile content
  3. Mobile Based Software
  4. Internet dan Social Media
  5. Game Software
  6. Computer/Desktop Software
  7. ERP Software

Kelebihan dari teknologi digital adalah:

  • Dengan adanya integrated Circuit (IC) penggunaannya menjadi lebih mudah karena lebih kecil dan mudah dibawa.
  • Teknologi digital tidak bergantung pada jarak. Transmisi data dilakukan melalui beberapa repeater stasion. Dalam perjalanan data, selalu dikuatkan oleh repeater station tersebut.
  • Kapasitas transmisi yang lebih besar.
  • Biaya perawatan yang lebih murah, pemakainan listrik yang lebih hemat serta penggunaan ruang yang lebih minim. Sehinggal ini lebih menguntungkan karena mudahnya melakukan efisiensi biaya.
  • Dengan adanya Integrated Service Digital Network ( ISDN ) semua data yang berupa gambar, suara, teks dan lain sebagainya dapat diakses secara bersamaan melalui satu jaringan tunggal.

Penggunaan Teknologi Digital:
  1. Untuk Memudahkan Kegiatan Pendidikan

Pada saat ini kita sudah sering menjumpai kegiatan belajar yang berbasis teknologi digital. Contoh yang paling mudah dan sering digunakan adalah dalam mengerjakan tugas. Dalam mengerjakan tugas kita selalu memanfaatkan internet. Penggunaan internet sebagai media pembalejeran sangat efektif dan efisien. Dengan waktu yang sangat cepat kita dapat mendapatkn sumber yang sangat banyak. Bandingkan dengan menggunakan buku. Kita harus mencari buku yang sesuai dengan tugas kita. Berapa lama waktu yang digunakan untuk mendapatkan sesuatu yang kita cari? Dengan google kita hanya perlu mengetikan keyword dan dapet deh yang kita inginkan. Untuk biaya juga sangat murah. Kita hanya perlu membeli kuota internet. Kuota zaman sekarang sudah merakyat harganya. Kita bandingkan dengan harga buku. Dengan harga buku baru pada saat ini kita dapat membeli kuota internet dengan jumlah yang sangat cukup untuk kita mencari di internet.

2. Untuk Memudahkan Kegiatan Bisnis


Pasti kita mempunyai media social kan? Coba lihat deh pasti ada aja kan yang suka posting di instagram, twitter, line atau bahkan facebook. Kenapa bisa gitu? Ya karena media social gratis untuk mendaftar dan kita hanya perlu membeli kuota. Tidak hanya itu. Banyak juga yang ngeliat. Kemudahan akses di media social mejadi nilai lebih untuk para pelaku bisnis. Bisa aja orang yang lagi iseng buka media social tertarik dengan produk yang kita jual. Lumayan kan gaperlu buka toko yang statis diem disitu aja dengan biaya sewa tempat  yang mahal. Bisa bisa bangkrut tuh hahaha. Belum lagi biaya maintence yang lebih murah dibandingkan dengan toko fisik.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts