Selasa, 21 Januari 2020

TUGAS 3B (Audit Teknologi Sistem Informasi)

Rizka Anggi Setya Putri
16116541
4KA19


1.Jelaskan masing-masing komponen dari Processing Control (5 Saja)!
2.Jelaskan masing-masing komponen dari Databse Control (5 Saja)!
3.Carilah  1 contoh aplikasi untuk audit sistem informasi dan jelaskan!


1. Komponen Processing Control terdiri dari :
a) Real Memory Controls
Memori yang nyata dari sebuah sistem komputer terdiri dari jumlah penentuan dari penyimpanan utama yang mana program/data harus di letakan untuk di eksekusi .
b) Virtual Memory Control
Memori virtual sebenarnya ada pada saat ruang penyimpanan LEBIH besar dari pada ruang memori yang ada (real). 
c) Operating System Integrity
Sistem operasi adalah kumpulan dari program yang diterapkan dalam perangkat lunak, perangkat keras atau perangkat perusahaan, yang mendapat izin pembagian dan penggunaannya dari sumber daya dalam sistem komputer.
d) Pengendalian Aplikasi Perangkat Lunak (Application Software Controls)
Dalam subsistem pengolahaan, aplikasi perangkat lunak menghitung, memisahkan, menggolongkan dan meringkas data khusus kedalam sebuah sistem aplikasi. Hal  itu harus dilakukan validasi cek, atau pemeriksaan validasi untuk mengenali ketika terjadi kesalahan pengolahan.
e) Pengendlian Jejak Audit (Audit Trail Controls)
Jejak audit dalam subsistem pengolahaan memelihara kronologis kejadian mulai dari data di terima dari input atau subsistem komunikasi sampai dari data di berangkatkan ke database, komunikasi atau subsistem pengeluaran.


2.  Komponen Databse Control terdiri dari :
a) Pengendalian Konkurensi (Concurrency Controls)
Tujuan utama adalah untuk mengijinkan pengguna database untuk berbagi sumber data yang sama. Sebaliknya, beberapa versi dari data yang sama harus di pertahankan untuk mendukung para pengguna.
b) Pengendalian Kriptografi (Cryptographic Controls)
Pengendalian kriptografi dirancang untuk mengamankan data pribadi dan untuk menjaga modifikasi data oleh orang yang tidak memiliki wewenang, kriptografi dilakukan dengan mengacak data sehingga tidak memiliki arti bagi orang yang tidak Dapat menggunakan data tersebut.
c) Pengendalian Penanganan Berkas (File Handling Controls)
Pengendalian ini, di gunakan untuk mencegah kehancuran data yang di sengaja yang terdapat pada media penyimpanan yang di lakukan oleh perangkat keras, perangkat lunak dan operator atau pengguna yang memuat dan membongkar media penyimpanan yang di gunakan untuk database, pembuangan database, berkas transaksi, berkas pekerjaan, log, dan jejak audit.
d) Pengendalian Jejak Audit (Audit Trail Controls)
Peristiwa yang wajib di catat dari jejak audit: pembutan, modifikasi, penghapusan dan pemulihan. Kontrol jejak audit terdiri dari 2 macam yaitu jejak audit akutansi dan jejak audit operasional.
e) Pengendalian Keluaran (Output Control)
Menurut Weber (1999 : 615) pengendalian keluaran digunakan untuk memastikan bahwa data yang diproses tidak mengalami perubahan yang tidak sah oleh personil komputer dan memastikan hanya personil komputer yang memili wewenang yang dapat menerima output yang telah dihasilkan . 


3. Aplikasi pada mesin ATM
Pada saat nasabah akan mengambil uang di mesin ATM, setelah seorang nasabah memasukkan kartu selanjutnya akan dimina PIN, dan setelah itu memasukkan sejumlah nilai uang yang akan diambil, ATM akan mengecek apakah saldo di tabungan kita cukup, atau jumlahnya diijinkan sesuai dengan ketentuan bank. Pengendalian berupa PIN dan limit pengambilan uang tersebut hanya berlaku di ATM, tidak berlaku pada kegiatan yang lainnya.



KESIMPULAN
Pada ketiga komponen diatas yang terdiri dari processing control dan database control. Yaitu pada processing control subsistem pengolahan bertugas bertanggung jawab untuk menghitung, mengurutkan, mengolongkan dan meringkas data. Komponen utama adalah pengolahan pusat yang mana programakan mengeksekusi memori dan menyimpan program data, sistem operasi mengelola sumber daya sistem dan aplikasi program elaksanakan petunjuk untuk mencapai kebutuhan spesifik pengguna sedangkan pda database control  subsistem  database  menyediakan fungsi untuk mendefinisikan, membuat, mengubah, menghapus, dan membaca data dalam suatu sistem informasi.



DAFTAR PUSTAKA
https://www.kompasiana.com/fatim/5535b7506ea834fa28da42e4/sistem-komunikasi
http://library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab2HTML/2013100781KABab2001/body.html
http://library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab2HTML/2006200844KABab2.html

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts